spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Theys Hiyo Eluay
Widoso AS: Jangan Berspekulasi Soal Pembunuhan Theys

Surabaya, 5 Desember 2001 13:07
PANGLIMA TNI Laksamana TNI Widodo AS minta masyarakat untuk tidak berspekulasi mengenai siapa pembunuh Ketua Presidium Dewan Papua (PDP) Theys Hiyo Eluay meskipun ada beberapa anggota TNI AD yang dimintai keterangan.

"Sebelum ada tanda-tanda yang mengarah pada indikasi, saya minta jangan berspekulasi dulu," katanya menjawab pertanyaan wartawan seusai menjadi inspektur upacara pada Hari Armada TNI AL RI di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Surabaya, Rabu.

Laksamana berbintang empat yang juga mantan KSAL itu menjelaskan, pihaknya mendorong seluruh satuan-satuan
TNI di Irian Jaya untuk mendukung upaya Polri mengungkap kasus pembunuhan tersebut secara tuntas.

"Kami memback-up semua yang dibutuhkan oleh Polri. TNI dan kita semua berkepentingan untuk mengungkap kasus itu secara tuntas. Sehingga nantinya tidak menimbulkan spekulasi-spekulasi," kata Widodo.

Ketika ditanya hasil pemeriksaan terhadap beberapa orang anggota TNI AD itu, ia mengatakan menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum. Ia juga menolak menjelaskan dari hasil pemeriksaan apakah menunjukkan adanya indikasi keterlibatan anggota TNI AD dalam kasus tersebut.

"Sudahlah jangan ngomong indikasi-indikasi, biarkan penyelidikan berjalan dengan baik. Hargai aparat kepolisian untuk melakukan pemeriksaan," katanya.

Ditanya apa sanksi yang akan diberikan jika memang ada anggota TNI yang terlibat, Widodo menyatakan, akan menyerahkan sepenuhnya pada ketentuan-ketentuan yang berlaku di lingkungan militer.

"Karena itu marilah kita berikan kesempatan kepada aparat kepolisian untuk melakukan upaya-upaya penyelidikan secara tuntas dalam rangka mengungkap kasus itu dan tidak usah berspekulasi. Kami juga akan mendukung data apapun yang diminta Polri," katanya.

Sementara Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Mayjen TNI Amirul Isnaeni yang hadir bersama Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad) Letjen TNI Kiki Syahnakri dalam acara itu menolak memberikan keterangan. "Tanya ke Kodam di sana saja lah, saya tidak ada komando," kata jenderal berbintang dua asal Pamekasan, Madura itu. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 05 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer