spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Aceh Merdeka 25 Tahun
TNI Sita 63 Bendera Gam Di Aceh

Lhokseumawe, 4 Desember 2001 16:56
PASUKAN Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) TNI menyita 63 helai bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Banda Aceh, Aceh Besar dan Aceh Utara, bertepatan dengan "Milad" atau HUT ke-25 GAM. "Tidak ada insiden bersenjata dalam penurunan bendera GAM," kata Komandan Satgas Penerangan Kolakops TNI Letkol CHB Firdaus kepada pers di Lhokseumawe, Selasa.

Dari 63 helai bendera GAM yang berhasil diturunkan dan disita aparat keamanan bertepatan dengan HUT ke-25 GAM itu adalah 46 lebar di Kota Banda dan Aceh Besar, sepuluh lembar di Aceh Utara dan tujuh lembar di Sabang.

HUT GAM tahun ini agaknya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, di setiap sudut desa di kawasan Aceh Besar banyak dipasang bendera GAM berlambang bulan sabit dan bintang dengan dasar warna merah.

Namun pada HUT GAM tahun 2001, tampak tidak begitu semarak, karena pihak GAM sepertinya tidak mau mengambil resiko, mengingat aparat TNI/Polri terus meningkatkan patroli, khususnya di daerah-daerah yang dijadikan sebagai arena upacara HUT GAM.

Di pihak lain, ia mengakui GAM merayakan HUT-nya dengan suatu upacara, namun pada peringatan 4 Desember 2001 tidak semeriah dua tahun lalu. "GAM memang merayakan HUT-nya pada tahun ini, akan tetapi secara sembunyi-sembunyi di tempat yang jauh dari jangkauan umum," kata Firdaus.

"Kita sudah pantau seluruh Aceh bahwa mereka merayakan HUT-nya di tempat terpencil jauh dari jangkauan aparat keamanan," tambah dia.

Untuk memantau situasi keamanan di propinsi yang sedang dilanda konflik bersenjata itu, aparat Kolakops TNI mengerahkan dua helikoter milik TNI AD.

"Kita sudah pantau suasana keamanan di seluruh wilayah Aceh melalui udara dan hingga saat ini masih relatif aman terkendali," tambah Firdaus.

Ia mengakui suasana agak lengang pada pagi hari hingga pukul 12.00 WIB, namun setelah itu aktivitas masyarakat kembali berjalan normal. "Sebagian masyarakat mengaku takut keluar rumah," katanya. Di pihak lain, Firdaus menambahkan, situasi di Kota Lhokseumawe dan sekitarnya kini tampak ramai, masyarakat melakukan aktivitas seperti biasa. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 05 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer