spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Penyakit Aneh
Warga Puncak Jaya Diserang Penyakit Aneh

Mulia, 4 Desember 2001 19:03
PENDUDUK Kecamatan Fawi, Kabupaten Puncak Jaya, (Puja), Irian Jaya, kini banyak yang hidup menderita akibat diserang satu jenis penyakit aneh. Penyakit aneh ini hampir sama dengan penyakit kaki gajah, tapi tak hanya menyerang kaki, juga testis. "Sehingga biji kemaluan pria membengkak dan memanjang hampir mencapai lutut," kata Camat Fawi, Ordi Baruri, Spt.

Dalam penjelasannya kepada ANTARA di Mulia, Selasa, Ordi mengatakan, pada penyakit kaki gajah bagian kaki dari lutut hingga ujung jari membengkak, tetapi pada penyakit aneh ini pembengkakan hanya terjadi pada bagian kaki antara lutut sampai di mata kaki.

Telapak kaki normal sehingga penderita bisa memakai sepatu atau sendal. Pada penyakit kaki gajah penderita tidak bisa memakai sepatu atau sandal.

Hal lain yang aneh yaitu selain menyerang tungkai kaki, penyakit ini juga menyerang testis. Testis membengkak dan lebih besar dua hingga tiga kali ukuran hernia yang paling besar.

Menurut Ordi, dia sudah meminta bantuan Pemda Kabupaten dan sudah ada penelitian, tetapi hingga kini belum ada hasilnya.

Masyarakat asli setempat sangat takut, begitu juga para pegawai yang bertugas di Fawi, karena belum ada faksin atau obat untuk mengatasi serangan penyakit aneh tersebut.

Selain penyakit aneh itu, ada dua jenis penyakit lain yang ditakuti penduduk Fawi, yaitu kaki gajah dan malaria. Penyakit kulit (Kaskadu/Kadas) dan busung lapar juga merupakan dua jenis penyakit yang hingga kini belum bisa diberantas Pemda setempat. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 05 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer