spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
WISATA & HIBURAN
spacer
 
Bali
Liburan Akhir Tahun, Bali Bakal Diserbu 80 Ribu Wisdom

Denpasar, 26 November 2001 09:34
MENJELANG akhir tahun 2001, Bali diperkirakan akan diserbu sekitar 80 ribu wisatawan domestik (wisdom), berkenaan dengan tiga rangkaian kegiatan tutup tahun seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

Ketua DPD PHRI Bali, I Gede Wiratha mengemukakan itu di Denpasar, hari ini menanggapi masih lesunya industri pariwisata Pulau Dewata sejak berkecamuknya perang antara Amerika Serikat (AS) dan sekutunya dengan Afganistan.

"Melihat kondisi dunia yang tengah mengalami resesi, maka sebagian besar calon wisatawan mancanegara (wisman) akan mengurangi kegiatan perjalanan wisatanya, demikian pula dengan calon turis lokal untuk menghabiskan moment tahun barunya di luar negeri," ujarnya.

Bali yang telah tersohor sebagai daerah utama tujuan wisata nasional dan internasional, menjadi destinasi favorit bagi turis lokal dan sebagian turis asing untuk menghabiskan moment hari raya keagamaan dan tahun baru 2002.

Karenanya, dapat diperkirakan kendati mengalami keterpurukan cukup tajam, namun pariwisata Pulau Dewata diharapkan dapat terus bertahan dengan menggaet pasar domestik pada tiga rangkaian kegiatan akhir tahun yakni Hari Raya Lebaran, Natal dan Tahun Baru.

Ditanya peluang Bali menggaet wisdom pada akhir tahun, Wiratha mengemukakan dengan kondisi pasar wisata dunia yang kini tengah mengalami lesu darah, maka pada akhir tahun sekitar 95 persen pasar wisata Bali akan didominasi oleh turis lokal.

"Memang pada kondisi normal, jumlah wisdom relatif lebih rendah dibanding wisman, namun melihat kondisi ekonomi dunia yang masih amburadul maka pada akhir tahun Bali akan dipadati sekitar 95 persen atau 80 ribu wisatawan nusantara," ujar Wiratha yang juga Kadinda Bali itu.

Hal itu didasarkan pada kondisi pasar wisata serta ekonomi dunia yang tengah mengalami guncangan sejak satu setengah bulan lalu. Berdasar kondisi itu, diindikasikan bahwa peluang menggaet wisman akan lebih sulit dibanding menggaet wisdom.

Untuk itu, Bali sebagai salah satu destinasi utama nasional dan internasional, harus mampu merebut peluang tersebut lebih besar pada akhir tahun sekaligus memulihkan kondisi industri pariwisaata Pulau Dewata yang sedang terpuruk.

"Bali dengan segala potensi wisata serta predikat yang melekat sebagai destinasi utama pariwisata nasional dan internasional, diperkirakan mampu menguasai pasar domestik apalagi berkenaan tiga kegiatan akhir tahun 2001," demikian Wiratha. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 05 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer