spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
TEKNOLOGI & SAINS
spacer
 
Obat Baru Kanker
Obat Yang Bisa Mengadu Domba Sel Kangker

London, 22 November 2001 14:50
PARA periset di Skotlandia Kamis mengatakan, mereka telah mengembangkan terapi baru yang bisa "menipu" sel-sel kanker sehingga membuat mereka saling membunuh. Peneliti dari Laboratorium Beatson, Glasgow, organisasi riset kanker terbesar Skotlandia, mengatakan perawatan itu tidak merusak sel-sel yang sehat yang dengan demikian akan bisa menghilangkan efek samping merusak seperti pada cara-cara pengobatan kanker sekarang.

"Saya merasa sangat yakin bahwa riset kami mewakili suatu terobosan baru yang potensial, dengan berbagai implikasinya (yang bisa) digunakan bagi perawatan berbagai (jenis) kanker biasa," kata Dr. Nicol Keith, yang memimpin tim riset tersebut.

Keith mengatakan, pada tes-tes laboratorium terapi gen efektif untuk jenis-jenis kanker usus besar, paru-paru, saluran indung telur, prostat dan rahim. Kanker-kanker ini penyebab kematian terbesar. "Kami merasa ini juga akan bekerja pada lingkup kanker yang jauh lebih luas daripada itu, termasuk kanker payudara," katanya.

Dengan memanfaatkan cara-cara sel-sel kanker itu berbalik pada gen-gen tertentu, para ilmuwan "membodohi" mereka sehingga mereka saling membunuh.

Pada lebih dari 80 persen kanker manusia gen telomerase-nya -- yang biasanya tidak hidup pada sel-sel yang sehat -- dihidupkan. Sel-sel kanker perlu ini guna memungkinkan mereka membelah diri di luar masa hidup yang terbatas.

Para ilmuwan, yang melaporkan penemuan mereka dalam jurnal Oncogene itu, "menipu" sel-sel kanker hingga mereka mengarahkan diri ke gen-gen tidak rusak, dan bukan ke arah telomerase.

Dengan demikian, secara efektif sel-sel kanker itu menandatangani sendiri sertifikat kematian mereka. Mereka mengkopi gerakan ke telomerase itu dan mengaitkannya ke gen-gen lain yang disebut nitroductase yang mengubah obat yang
biasanya tidak merusak menjadi cara pengobatan anti-kanker yang efektif bila dihidupkan.

"Kami menggunakan kecepatan tangan untuk meyakinkan sel-sel kanker bahwa mereka tengah menghadapi gen telomerase, yang mereka perlukan supaya tetap hidup, di saat sesungguhnya mereka berbalik ke arah sebuah gen yang akhirnya akan membunuh mereka," kata Keith.

Langkah selanjutnya ialah mencari kemitraan sebuah perusahaan farmasi. "Kami sedang aktif membahas untuk membawa riset ini ke sejumlah perusahaan. Bila semuanya berjalan baik, tes-tes klinisnya pada manusia kemungkinan akan bisa dimulai dalam waktu dua atau tiga tahun, dengan terapi potensialnya mulai memasuki pasar lima tahun kemudian," katanya. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 05 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer