spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
WISATA & HIBURAN
spacer
 
Gamelan Go Internasional
Gamelan Masuk Kurikulum Sekolah Dasar Di Toronto

Toronto, 5 November 2001 11:16
MUSIK tradisional gamelan Indonesia masuk dalam kurikulum sekolah dasar dan menengah di wilayah Toronto, Kanada. Itu diungkapkan oleh Pejabat Konsul Jenderal RI di Toronto, Kanada, Sylvia Shirley Malinton. "Inilah upaya Konsulat Jenderal RI di Toronto untuk memperkenalkan seni budaya nasional di Kanada," katanya.

Di Toronto gamelan masuk dalam proyek internasional dengan nama Music of the World. Masuk pula dalam proyek itu musik tradisional kendang dari Ghana dan koor dari Republik Georgia. Proyek tiu di kelola di bawah naungan Yayasan Sekolah Distrik Toronto (Toronto District School Board).

Usai peresmian masuknya gamelan itu diselenggarakan acara selamatan pada 1 Nopember 2001 lalu di "Riverdale Collegiate Institute" Toronto. Dalam acara itu dilakukan pemberian nama "Venerable Rising Mists" terhadap dua set gamelan baru yang dibeli oleh "Toronto District School Board" bekerja sama dengan pusat perbelanjaan "Dufferin Mall".

Nuansa Indonesia kental terasa pada acara tersebut dengan dilakukannya pemotongan nasi tumpeng oleh Sylvia dan pemukulan gong oleh Kepala Bidang penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Ottawa, Andri Hadi serta oleh Mary Thorne, Manajer Pemasaran "Dufferin Mall".

Selain itu ditampilkan permainan musik gamelan oleh murid-murid sekolah dasar "Leslieville Public School" dan "Earl Grey Senior Public School".

Paduan suara diiringi musik gamelan dengan lagu berbahasa Inggris dan intonasi musik Jawa yang digubah oleh Andrew Timar, seorang seniman musik Kanada yang menjadi salah seorang pimpinan dalam proyek gamelan ini.

Pertanyaannya apakah di Jawa dan Sunda gamelan sudah masuk ke kurikulum, untuk mengenalkan musik tradisional pada anak-anak secara dini. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 05 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer