spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
MANCANEGARA
spacer
 
Palestina-Israel
12 Tewas, 170 Cedera Dalam Tiga Serangan Bom Di Jerusalem

Jerusalem, 2 Desember 2001 15:08
SEBANYAK 12 orang, termasuk 10 warga Israel dan dua pembom bunuh diri warga Palestina, tewas dan kira-kira 170 orang cedera dalam tiga serangan bom di Jerusalem tengah, Sabtu malam, kata jurubicara polisi Gil Kleiman, Minggu dini
hari.

Ia menjelaskan bahwa sedikitnya 170 orang (menurut jaringan televisi berita CNN 180 orang-red) cedera akibat ledakan tersebut, yang mengguncang pusat kota yang ramai saat orang-orang keluar rumah setelah berakhirnya Sabbath, akhir pekan Yahudi.

Avi Zohar, direktur Magen David Adom, semacam Palang Merah Israel, mengatakan kepada televisi Israel Sabtu malam bahwa 11 orang yang luka-luka itu, berada dalam keadaan "kritis".

Beberapa korban tewas meninggal di rumah sakit dan sebagian dari yang cedera itu menderita luka di bagian perut dan dada. Dua korban yang tewas itu adalah pembom bunuh diri yang meledakkan diri mereka secara serempak pada antara pukul 23.30 dan 00:00 Sabtu waktu setempat (antara pukul 04:30 dan 05:00 WIB Minggu) di pintu luar mal Ben Yehuda, yang tengah dipenuhi pemuda dan pemudi yang tengah menikmati hiburan pasca-Sabbath. Kedua pembom bunuh diri
itu hanya terpisah dalam jarak kira-kira 60 meter.

Kira-kira 15 atau 20 menit kemudian, saat polisi dan ambulans tengah berada di mal itu untuk melakukan pertolongan bagi para korban, sebuah bom mobil meledak di sebuah jalan di dekatnya, dan tidak ada korban tewas atau pun cedera, namun menambah kepanikan dan kekacauan di distrik yang tengah dipadati pengunjung itu.

Hingga kini belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas ketiga ledakan tersebut.

Dua ledakan pertama terjadi di Lapangan Zion dan jalan Ben Yehuda yang menuju Jalan Jaffa di dekatnya. Sementara ledakan ketiga terjadi di jalan Rabbi Kook, yang bersebelahan dengan Lapangan Zion.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Israel Emmanuel Nachson segera melimpahkan kesalahan kepada Presiden Palestina Yasser Arafat.

"Di mata kami, ia jelas dan tidak diragukan lagi bertanggung jawab atas kejadian itu karena kurangnya aksi yang dilakukannya dalam memerangi teror," tuding Nachson kepada AFP.

Ledakan itu terjadi hanya beberapa jam setelah lebih dari lebih dari 13 anggota kelompok Jihad Islam ditangkap di Tepi Barat dan Jalur Gaza oleh polisi Palestina.

Mereka termasuk pemimpin senior Jihad Islam Mohammed Al-Hindi, yang melakukan pelarian dari kediamannya di Jalur Gaza selama baku tembak dengan polisi Palestina sebelum menyerahkan diri.

Suatu sumber keamanan Palestina mengatakan, penangkapan tersebut dilakukan karena kelompok itu tidak mematuhi seruan gencatan senjata yang dikeluarkan oleh Otorita Palestina. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 02 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer