spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
HUKUM & KRIMINALITAS
spacer
 
Disangka Teroris di Amerika
Pengadilan Agus Budiman Dapat Sorotan Pers Amerika

New York, 30 November 2001 11:43
AGUS Budiman (31) warga negara Indonesia (WNI) yang sedang menjalani proses pengadilan di Alexandria, Virginia, Amerika Serikat (AS) untuk tuduhan pelanggaran visa dan pemalsuan dokumen pada "hearing" yang keempat, Kamis, didampingi pembela baru.

Sementara staf dari KBRI Washington D.C. dan wartawan Indonesia yang mencoba meliput kegiatan di pengadilan itu tidak bisa masuk akibat penuhnya ruangan.

Menurut Ketua Koordinator "Solidarity USA", Lembaga Bantuan Hukum bagi komunitas Muslim di AS, Yaser Bushnaq yang dihubungi ANTARA New York, Kamis, pihaknya yang selama tiga kali 'hearing" sebelumnya bisa mengikuti jalannya persidangan, kali ini hanya bisa menunggu di depan ruangan pengadilan tersebut.

Yaser yang dikenal para wartawan Indonesia itu menyebutkan, orang Indonesia yang tidak dapat masuk ke ruangan sidang itu adalah Kabid Protokol dan Konsuler KBRI Washington D.C. Sukanto beserta stafnya Leviana. Juga pengamat ekonomi dan politik Christianto Wibisono, wartawan Jawa Pos Ramadhan Pohan serta wartawan radio "Voice of America" Priyo Puji Wasono.

Beberapa wartawan asing juga tampak menunggu di luar ruang sidang.

"Hearing" atau pengadilan awal terhadap Agus kali ini menarik minat kalangan pers di Amerika. Ruangan yang penuh tersebut dikarenakan banyak wartawan baik, televisi, radio maupun media cetak di AS terutama di wilayah Washington
D.C dan Virginia yang telah masuk terlebih dahulu.

Pengadilan Agus Budiman berlangsung di "US Eastern District Court of Virginia" yang terletak di pinggiran kota Washington D.C.

Pembela yang mendampingi Agus kali ini adalah "public defender" atau pembela publik yang disediakan oleh pihak pengadilan yaitu Mark Thrash. Sebelumnya pengadilan telah menunjuk pembela publik lainnya yaitu Greg English yang pada "hearing" ketiga mengundurkan diri dari kasus Agus karena sebagai mantan perwira militer AS, dirinya tidak dapat
mewakili seorang terdakwa yang sedang melawan Pemerintah AS.

Sementara itu, pengacara swasta Pleasant Broadnax yang sebelumnya sempat dibicarakan juga mengundurkan diri.

Mark Thrash dalam keterangan persnya seusai pengadilan menyebutkan, pengadilan memulai lagi penjelasan dari agen Biro Investigasi Federal (FBI) Jesus Gomez mengenai hasil investigasinya terhadap Agus.

Thrash sendiri masih belum bisa berbicara banyak karena mengaku dirinya baru saja selesai mempelajari kasus yang dihadapi Agus ini. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 02 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer