spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
HUKUM & KRIMINALITAS
spacer
 
Terdakwa Kasus Domain Mustika-Ratu.Com Mengaku Tak Pernah Menggunakan

Jakarta, 29 November 2001 16:34
Terdakwa kasus penggunaan domain Mustika-Ratu.com, Tjandra Sugiono dalam pembelaannya di PN Jakarta Pusat, Kamis, mengaku website miliknya tersebut tidak pernah diisi dan digunakan oleh dirinya.

"Nama domain Mustika-Ratu.com tersebut tidak pernah diisi dan digunakan oleh saya, sehingga tidak benar jika website mustika-ratu.com ada isinya," katanya.

Terdakwa yang juga General Manager Pemasaran Internasional PT Martina Berto, produsen alat kecantikan grup Sari Ayu Marta Tilaar menyatakan dirinya sama sekali tidak punya itikad buruk. Karena menurut terdakwa, dirinya nyata-nyata mencantumkan nama jelas agar mudah dihubungi oleh siapapun yang berkepentingan.

Selain itu, terdakwa dalam nota pembelaan yang diberi judul "Dunia maya terpidana" tersebut juga menyatakan nama domain mustikaratu.com (tanpa strip) ternyata dimiliki oleh Theresia Hardianto sejak September 1999, yang beralamat di Amerika Serikat dan tidak pernah dipermasalahkan oleh PT Mustika Ratu.

Tjandra Sugiono, yang menikah dengan salah seorang kemenakan Marta Tilaar (bos Sari Ayu), digugat PT Mustika Ratu karena pada 7 Oktober 1999 telah mendaftarkan nama domain Mustika-Ratu.com di Amerika dengan menggunakan Network Solutions sebagai website atas nama dirinya.

Menurut penggugat, tindakan terdakwa yang juga GM Pemasaran Internasional PT Martina Berto (grup Sari Ayu) yang merupakan perusahaan saingan penggugat, telah melanggar pasal 48 ayat (1) jo. pasal 19 huruf b UU No.5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

Akibat perbuatan terdakwa tersebut, PT Mustika Ratu mengalami kerugian sebesar Rp10 milyar karena tidak bisa melakukan sebagian transaksi dengan calon mitra usaha di luar negeri.

PT Mustika Ratu sendiri telah memiliki website dengan nama Mustika-Ratu.co.id yang terdaftar sejak tahun 1996. Sementara website Mustika-Ratu.com milik terdakwa baru didaftarkan pada tanggal 7 Oktober 1999.

Sidang yang dipimpin oleh ketua majelis hakim Chasiany R Tanjung akan dilanjutkan dua minggu mendatang untuk membacakan vonis.

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 02 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer