spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NUSANTARA
spacer
 
Polda Metro Jaya Akan Berantas Calo Tiket

Jakarta, 27 November 2001 14:42
Polda Metro Jaya akan memberantas para calo tiket yang berkeliaran di terminal bus dan stasiun kereta api di wilayah DKI Jakarta menjelang Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

"Saya tidak mau melihat ada calo di terminal maupun stasiun. Jangan sampai orang yang bepergian terganggu dengan keberadaan para calo ini," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Sofjan Jacoeb usai memimpin rapat Operasi Ketupat Lilin Jaya 2001 di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa.

Untuk itu, Polda Metro Jaya akan menempatkan petugas di stasiun dan terminal bus guna membatasi gerak para calo, terutama di tiga terminal besar, yakni Kampung Rambutan, Pulo Gadung, dan Kalideres.

Menanggapi rencana pemberantasan calo tersebut, Retno Widyastuti dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan dukungannya.

"Saya sepakat bahwa para calo harus ditertibkan, karena keberadaan mereka sangat merugikan konsumen," katanya.

Namun, mengingat para calo tersebut bekerja untuk memperoleh penghasilan, Retno berharap aparat keamanan tetap memperlakukan para calo tersebut secara manusiawi.

Mengenai percaloan tiket, Retno mencurigai adanya permainan antara para calo dengan petugas penjualan tiket, mengingat para calo tersebut dengan mudah memperoleh tiket dalam jumlah banyak, sementara para konsumen kesulitan untuk memperolehnya.

Oleh karena itu, kata dia, jika bisa dibuktikan adanya permainan itu, maka yang harus ditangkap bukan hanya para calo, tetapi juga petugas penjualan tiket.

Berantas copet

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Sofjan Jacoeb menyatakan, pihaknya juga akan melakukan operasi untuk memberantas pelaku kejahatan seperti copet dan jambret.

Untuk itu, pihaknya akan menurunkan petugas di sejumlah tempat yang rawan pencopetan dan penjambretan, seperti stasiun, terminal, pasar, dan persimpangan jalan.

Di sejumlah titik rawan, Polda Metro Jaya akan mendirikan pos komando taktis (Poskotis) yang akan siap menerima pengaduan masyarakat selama 24 jam.

Untuk pengamanan Lebaran, Natal, dan Tahun Baru, Polda Metro Jaya mengerahkan sekitar 17 ribu anggotanya, termasuk di antaranya sekitar 2.500 personil yang selama ini ditempatkan di DPR/MPR dan sejumlah kedutaan besar asing.

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 02 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer