spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
TEKNOLOGI & SAINS
spacer
 
Kebijakan Pintu Terbuka Pemerintah
Pengembangan Teknologi Mau Diarahkan ke Usaha Kecil

Jakarta, 27 Oktober 2001 14:06
Menteri Negara Riset dan Teknologi Ir. M. Hatta Rajasa mengatakan, kebijakan pengembangan teknologi kini diarahkan pada memajukan industri dan usaha kecil menengah.

"Prakteknya melalui kebijakan pintu terbuka (open door policy) bagi penelitian dan pengembangan (litbang) produk-produk unggulan," kata Menteri di Jakarta, Sabtu, pada Konferensi Kerja Nasional Perhimpunan Ahli Teknik Indonesia (PATI).

Banyak negara, menurut Hatta Rajasa, pada konferensi yang diikuti sekitar 300 peserta itu, kekuatan ekonominya bertumpu pada ketangguhan Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Terbukti ketika krisis ekonomi terjadi di Indonesia pada tahun 1997, sektor IKM dan UKM yang merupakan unsur paling sedikit terkena dampaknya, ujar anggota Kabinet dari Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

"Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) di Serpong, yang memiliki aset canggih senilai satu milyar dolar AS, akan dibuka bagi pelaksanaan penelitian lewat 'open door policy' sehingga terjalin hubungan harmonis antara kebijakan pemerintah dengan permintaan pasar," ujarnya.

Serpong, lanjutnya, terbuka bagi riset seluruh sektor, dan sekarang sedang disusun mekanisme pelaksanaannya. Tapi prinsipnya, menurut Hatta, sektor teknonogi harus dapat mengadakan hubungan kerjasama (linkage) dengan sektor lain dalam membantu mengatasi 40 juta angka pengangguran yang berpotensi menjadi kerawanan.

Menjawab pertanyaan mengenai usaha menggalakkan kesadaran masyarakat mematenkan berbagai penemuan baru, Menristek menyatakan akan mencari berbagai kemudahan dalam prosedurnya, termasuk dalam hal biaya. Karena Rp 5 juta bagi satu penemuan, yang bagi sebagian orang masih dikategorikan mahal.

"Mungkin perlu dibuat gratis dulu pendaftaran penemuan itu sampai penemuan tersebut telah bersifat komersial," kata Hatta Rajasa.

Sementara itu, Ketua Umum PATI, Dr. Ir. G.M. Tampubolon mengatakan, teknologi harus dijadikan sebagai kunci utama strategi pembangunan ekonomi nasional.

PATI akan menetapkan peran strategis ahli teknik dalam pembangunan nasional, khususnya dalam turut mengatasi lapangan pekerjaan dengan menerapkan kebijakan teknologi sebagai kunci utama strategi pembangunan nasional.

Tampubolon, yang mengaku sejak tahun 1964 telah menjadi pengurus PATI, menyatakan optimis 17 juta ahli teknik di Indonesia dapat memberi kontribusi bagi usaha mewujudkan kemakmuran rakyat. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 02 December 2001 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer